Cara Membuat Daftar Isi Di Word

Cara Membuat Titik-Titik Daftar Isi Di Microsoft Word

Pada halaman awal suatu dokumen seperti makalah atau skripsi,biasa kita temui daftar isi.Pada halaman daftar isi terdapat informasi mengenai letak atau posisi suatu halaman.
Bagaimana cara membuat daftar isi seperti gambar di atas?

Berdasarkan pengalaman,karena belum tahu,dulu saya membuat daftar isi dengan cara mengetikkan banyak titik hingga membentuk barisan titik yang panjang.

Nah...,karena panjang titik-titik tersebut saya kira-kira,jadilah daftar isi yang tidak rapi.Dari situ saya yakin pasti ada cara untuk membuat halaman daftar isi dengan titik-titik yang rapi.

Ada 2 cara untuk membuat daftar isi di microsoft word yaitu dengan cara manual dan otomatis.Pada artikel kali ini saya akan bahas dahulu dengan cara yang manual dulu.Baiklah ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Buatlah halaman baru di microsoft word yang akan digunakan sebagai halaman daftar isi.
2.Pada halaman kosong yang telah anda buat tersebut,Ketikkan DAFTAR ISI  sebagai judul halaman yang akan kita buat kemudian tekan enter 2kali.
 3.Silahkan anda mulai membuat daftar isi,Misalnya judul,pendahuluan,dan seterusnya.

4.Kemudian klik kanan pada halaman kosong lalu pilih paragraph.


Cara membuat daftar isi pada microsoft word secara manual ini adalah dengan memodifikasi fungsi tombol tab pada keyboard.Fungsi tombol tab adalah memberikan ruang kosong seperti hanya fungsi tombol spasi ,hanya saja ruang kosong yang di berikan tombol tab lebih lebar.

Nah.. dengan tombol tab inilah kita akan merubah ruang kosong yang di hasilkan oleh tab tersebut dengan titik-titik yang beraturan.Cukup dengan menekan tombol tab sekali ,maka akan terbentuk titik-titik yang memanjang dan rapi.


5. Silahkan pilih tab,pada tab yang ada silahkan isi sebagai berikut:
  • Stop position: isikan 15 cm
  • Alignment : Posisikan  di Left
  • Leader : Pilihlah yang berupa titik-titik,Jika sudah selesai klik Ok.
 

Pada poin ini,jika tombol tab kita tekan,maka akan muncul titik-titik sepanjang sinbol mirip huruf L di bagian kanan ruler atas (pangjang kurang lebih 15cm).


6.Tekan tombol tab untuk memunculkan titik-titik panjang.

Untuk selanjutnya silahkan isikan halaman yang di inginkan,misal halaman (1).silahkan anda ulangi langkah-langkah tadi hingga selesai pembuatan daftar isinya.apabila anda ingin membuat daftar isi dengan model bertingkat langkah-langkahnya sebagai berikut.

Daftar Isi Model Bertingkat

Jika terdapat sub judul yang hendak dimasukkan kedalam daftar isi,anda perlu membuat daftar isi bertingkat.contohya seperti di bawah ini.

Caranya,ketikkan sub judul di di bawah judul


Blok sub judul,kemudian geser first line indent yang terdapat pada ruler ke kanan.

Mudah caranya kan!

Kekurangan membuat daftar isi secara manual yaitu halaman daftar isi tidak ter-update secara otomatis apabila ada perubahan dalam dokumen.Jadi halaman daftar isi harus di edit secara manual.

Sekian tutorial tentang cara membuat daftar isi secara manual di microsoft word,semoga bermanfaat.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Daftar Isi Di Word"

Post a Comment

Cara Unreg Nomor Yang Sudah Di Registrasi

Cara Unreg Nomor Yang Sudah Di Registrasi Pelanggan seluler yang memakai kartu SIM Prabayar wajib melakukan registrasi dengan menggu...