Cara Mengirim File Word, Excel Via Email

Panduan Cara Mengirim File Word, Excel, Pdf, Foto dll via Email (Gmail /Yahoo)


Mengirim email bukanlah hal yang sulit terutama bagi sobat yang sering berkecimpung di dunia online,Tapi bagi sobat yang jarang atau malah tidak pernah berinteraksi dengan dunia internet maka akan kesulitan jika di minta untuk mengirimkan suatu file via email.

Apalagi zaman sekarang yang serba digital,Kadang dibeberapa sekolah-sekolah SMP saja sudah mulai di perkenalkan dengan internet,malah kadang-kadang di beri tugas oleh guru dan tugas tersebut diminta di kirimkan via email.Klo kita belum tahu caranya maka kita bisa di bikin bingung karenanya.

Langkah-langkah mengirim file via email sangat mudah sekali,namun sebelum bisa mengirim email sobat harus memiliki akun email terlebih dahulu,Jika sobat belum punya sebaiknya sobat membuatnya terlebih dahulu, Jika belum tahu cara membuat email klik saja di sini.

Baiklah langsung saja kita mulai.

Langkah-langkah Mengirim File Word dan Excel  via Email.


 Untuk mengirim lampiran berupa file atau dokumen via email langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.Panduan Mengirim File Microsoft Word dan Excel Via Email Google (Gmail).

Untuk mengirim File Dokumen Microsoft Word dan Microsoft Excel Langkah-langkahnya sebagai berikut:

A.Buka alamat Gmail.Silahkan sobat gunakan browser kesukaan sobat.

B.Silahkan Login menggunakan User dan password sobat.


















 C.Setelah masuk ke halaman utama akun Gmail sobat,silahkan tekan tombol Compose (tulis) seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.

















maka akan keluar halaman untuk mengirim email seperti di bawah ini.



















Untuk mengirim pesan email dan lampirannya isilah data-data yang diminta.
  • To ( kepada) : Silahkan isi dengan alamat email tujuan.Alamat tujuan tidak harus di isi dengan alamat Gmail,boleh dengan alamat email yang lain seperti Yahoo atau yang lain.Sobat bisa kirim ke banyak alamat hanya dengan satu kali kirim dengan cara menambahkan koma (,) Sebelum alamat yang lain.
  • Subject (Subjek) : Silahkan isi dengan judul pesan sobat,Subjek akan kelihatan sebagai judul pesan email yang dibaca oleh si pemilik email tujuan.
  • Kotak dibawah subjek adalah kotak pesan,silahkan isi pesan yang ingin di buat.
Jika ingin mengirim berkas Berupa dokumen Microsoft Word atau Excel,Gambar/foto,atau berkas yang lain,silahkan sobat tekan icon attactment (icon bergambar clip) seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



















Dengan menekan tombol Attachment maka akan keluar dialog open yang meminta sobat untuk memasukkan file atau dokumen yang ingin dikirimkan.Pilih file yang dimaksud,selanjutnya tekan tombol Open maka file tersebut akan otomatis terupload,jika sudah selesai tinggal klik tombol Send (kirim)

















Untuk selanjutnya kita akan membahas cara mengirim file Microsoft Word dan Excel via email di Yahoo.

2.Cara Mengirim File Microsoft Word dan Excel Via Email Yahoo (Ymail).


Untuk mengirim file Microsoft Word dan Excel via Email Yahoo (Ymail) sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara Mengirimkan file via email Google (Gmail),Langkah-langkahnya sebagai berikut:

A.Buka alamat Yahoo Mail Di komputer sobat dengan menggunakan Browser kesukaan sobat.Selanjunya silahkan login menggunakan User dan Password sobat di Yahoo mail.Setelah masuk silahkan sobat tekan gambar Amplop yang letaknya ada di pojok kanan atas.



















B.Setelah masuk di akun yahoo mail sobat silahkan tekan tombol Compose (tulis) untuk mulai membuat pesan.
















C.Akan di tampilkan gambar seperti ini.
















Tampilannya kurang lebih hampir sama dengan tampilan di Google Mail (Gmail),Silahkan isi data yang ada,
  • To ( kepada) : Silahkan isi dengan alamat email tujuan.Alamat tujuan tidak harus di isi dengan alamat Yahoo Mail (Ymail),boleh dengan alamat email yang lain seperti Gmail atau yang lain.Sobat bisa kirim ke banyak alamat hanya dengan satu kali kirim dengan cara menambahkan koma (,) Sebelum alamat yang lain.
  • Subject (Subjek) : Silahkan isi dengan judul pesan sobat,Subjek akan kelihatan sebagai judul pesan email yang dibaca oleh si pemilik email tujuan.
  • Kotak dibawah subjek adalah kotak pesan,silahkan isi pesan yang ingin di buat.
Jika ingin mengirim berkas Berupa dokumen Microsoft Word atau Excel,Gambar/foto,atau berkas yang lain,silahkan sobat tekan icon attactment (icon bergambar clip) seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
















Dengan menekan tombol Attachment maka akan keluar dialog open yang meminta sobat untuk memasukkan file atau dokumen yang ingin dikirimkan.Silahkan pilih filenya selanjutnya tekan tombol Open maka file tersebut akan otomatis terupload,jika sudah selesai tinggal klik tombol Send (kirim).

Kesimpulan.

Mengirim Email sebenarnya sangat mudah,apalagi saat ini sudah ada email versi Mobile(handphone),sehingga pengiriman email bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet.Apalagi Email versi mobile juga tidak terlalu berbeda dengan email di versi PC (komputer).

Demikian artikel sederhana mengenai car mengirimkan File Word, Excel, Pdf, Foto dll via Email (Gmail /Yahoo)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengirim File Word, Excel Via Email"

Post a Comment

Cara Unreg Nomor Yang Sudah Di Registrasi

Cara Unreg Nomor Yang Sudah Di Registrasi Pelanggan seluler yang memakai kartu SIM Prabayar wajib melakukan registrasi dengan menggu...